11 Mei 2010

Cara Instalasi Linux Vector

 LANDASAN TEORI
Open source adalah Perintah-perintah program atau bahasa pemrograman yang tersedia secara gratis berikut dengan kode-kode dari bahasa pemrograman yang digunakan dan untuk digunakan oleh kalangan luas. Boleh dimodifikasi dan digunakan oleh siapa saja.
Linux adalah salah satu Sistem Operasi yang berbasis Open Source. Kernel Linux pada mulanya ditulis sebagai hobi oleh pelajar universitas Finland Linus Torvalds yang belajar di Universitas Helsinki, untuk membuat kernel Minix yang bebas dan dapat sunting. (Minix adalah projek pelajaran menyerupai UNIX direka untuk mudah dan bukannya untuk kegunaan perniagaan.) Versi 0.01 dikeluarkan ke Internet pada September 1991, Versi 0.02 pada 5 Oktober 1991. [1]
Tux, seekor Penguin, merupakan logo dan maskot bagi Linux. Linux memiliki tanda niaga (SN: 1916230) yang dimiliki oleh Linus Torvalds. Linux terdaftar sebagai "Program sistem pengoperasian komputer bagi penggunaan komputer dan operasi". Tanda niaga ini diberikan setelah adanya suatu kejadian di mana seorang pemalsu bernama William R Della Croce Jr mulai mengirim surat kepada para pengedar Linux yang megklaim tanda niaga Linux adalah kepunyaannya serta meminta royalti sebanyak 10% dari mereka. Para pengedar Linux mulai mendorong agar tanda niaga yang asa Linux diberi kepada Linus Torvalds. Perlisensian tanda niaga Linux sekarang dipegang oleh Linux Mark Institute.



 PEMBAHASAN
Disini akan dibahas langkah-langkah menginstall SO Linux Vector.
1. Pertama tama siapkan CD Linux Vector
2. Masuk ke BIOS dan setting set boot priority menggunakan CD-ROM. Simpan dan keluar terus PC di-restart. (Sebelumnya masukkan CD Linux terlebih dahulu ke dalam CD-ROM).
3. Setelah itu, masuk ke dalam tampilan perintah, kemudian tekan [F1] kemudian masuk ke dalam sistem kernel selection untuk memilih tipe kabel data yang terdiri dari SATA, SCSI, Adaptec. (Disini kita pilih dan ketikkan SATA)…..loading.
4. Kemudian masuk ke dalam Vector Linux Setup. Terdapat 4 pilihan :-keymap, -start,- Lilo, -Exit. Pilih keymapmasuk ke keyboard map selectionpilih cancel untuk kembali.
5. Kembali ke Vector Linux Setup. Pilih Startakan muncul Found CD Mediapilih Yes. Masuk ke Vector Linux Setup yang lain yang terdiri dari :-readme, -resize, -fdisk, -Exit. Kemudian pilih Fdisk.
6. Setelah itu masuk ke menu Harddisk Partition yang terdiri dari: - /dev/hdc, -/dev/hda. Pilih -/dev/hda masuk ke dalam menu pemartisian. Disini akan dilihat kapasitas HDD, dan bila masih ada partisi maka harus di hapus terlebih dahulu. Setelah itu pilih newpilih primaryset size (in MB) atur berapa kapasitas yang diinginkan dalam ini 4000 mbpilih beginning untuk memartisisetelah itu pilih write. Bila akan memartisi bagian lainnya, pilih yang logical dan lakukan sesuai langkah-langkah yang sama. Setelah selesai pilih Quit.
7. Masuk ke menu Disk Partitionning is Donepilih Reebot, klik OK. Setelah restart masuk ke menu seperti langkah 3, tekan [F1], kemudian masuk ke menu selanjutnya ketikkan SATA.
8. Masuk ke Vector Linux Setup pilih Startpilih Keymap pilih Install, kemudian masuk ke Vector Linux Installpilih Check Media, untuk memilih apa yang akan di install (gunakan spasi untuk memberi tanda) pilih OK pilih install dan masuk proses checking Vec Linux. Tunggu proses selesai.
9. Setelah itu masuk ke menu Name Partition, kemudian pilih  /dev/hda1  masuk ke Home Files System pilih Ext2 kemudian tekan Enter tunggu proses selesai.
10. Setelah proses diatas selesai, masuk ke Root Partitionpilih /dev/hda5pilih Ext2 dan klik OKkemudian masuk ke Packages Selection dan pilih apa saja yang ingin di ikutkan untuk di install di root pilih OK pilih Ready to Installpilih Install (proses Instalasi).
11. Setelah proses Instalasi selesai, kemudian menuju ke LILO Operating Systems. Masuk ke menu LILO Frame Buffer Consolepilih Standardklik OKmasuk ke LILO Optional Parametersklik OKsetelah itu masuk ke menu LILO Installpilih MBRpilih Vector Linux Onto Setuppilih Mouse Model (pilih whell one)
12. Proses penge-checkan Sound CardX window Configurationset screen resolution (pilih sesuai kebutuhan) dan juga set color depth (dalam hal ini pilih yang 16 bit). Kemudian reebot dan keluarkan CD-nya.
13. Setelah restart, berarti proses instalasi linux semua telah selesai, kemudian langkah terakhir sebelum masuk ke tampilan linux adalah memberi password untuk proses proteksi linux. Untuk username , ketikkan root, dan password terserah kita. Dan proses instalasi telah lengkah dan SO Linux Vector telah bisa dipakai

 KESIMPULAN
Linux adalah sistem operasi yang bersifat terbuka, artinya kita dapat dengan bebas merubah menambahkan atau mengotak atik bahasa pemrogramannya menjadi seperti yang kita mau. Namun dalam pemakaiannya masih sering terjadi kekikukan karena sebelumnya telah terbiasa dengan Windows. Dan hal yang lain adalah pada proses instalasi Linux yang sedikit lebih rumit daripada Windows. Tapi, di Linux juga telah terdapat software pemartisi tanpa harus menggunakan CD start-up seperti di Windows. Dan hal yang paling penting setelah menyelesaikan proses Instalasinya adalah jangan lupa memberi password karena Linux terkenal kelebihannya akan keamanannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar anda....