11 Mei 2010

ZIP DRIVE


1. SEJARAH
Pada pertengahan 90-an, hard drive dan floppy disk adalah alat yang praktis untuk mem-backup data, pengguna mulai menekan penggunaan floppy disk karena ukuran file yang meningkat, file multimedia yang lebih umum, dan lampiran e-mail dan perkembangan Internet yang membuat file download lebih umum dari sebelumnya. Kekuatan pengolahan komputer juga meningkat, dan dengan debut dari prosesor Intel Pentium pada tahun 1993, tingkat  transfer yang lambat dari floppy 1,44 megabyte itu menjadi lebih terlihat.
           Pada tahun 1994, insinyur Iomega mulai bekerja dengan sungguh-sungguh pada drive removable penyimpanan baru. Kode-bernama "Vitamin C," prototipenya adalah kotak kecil yang elegan seukuran buku saku. Tim desain memanfaatkan feedback kelompok fokus intensif untuk melakukan serangkaian perbaikan desain, termasuk mengubah warna produk dari komputer beige menjadi biru (keputusan sederhana yang telah membentuk tampilan peripheral komputer sampai hari ini) dan mengganti top- loading desain clamshell dengan mekanisme disk slot-loading. Di balik itu semua, tujuan para insinyur adalah untuk membuat drive lebih cepat dari tape, kapasitas yang lebih tinggi daripada 44-megabyte dan 88-megabyte Syquest drive hari itu, dan lebih murah dibandingkan drive Iomega Bernoulli. Perusahaan juga menetapkan target harga yang agresif sebesar US $ 200, pada masa itu.
           Iomega's insinyur menghasilkan keajaiban. Mereka merancang drive yang dapat diandalkan dengan kepala Winchester drive dipandu oleh aktuator linier cerdik., sepiring kecil disk magnetik fleksibel di shell plastik rata, dengan kapasitas 100 megabyte yang menakjubkan. Proyek "Vitamin C" melahirkan Iomega ® Zip drive, yang tidak hanya menawarkan ketahanan, penyimpanan portabel berkapasitas tinggi, tetapi juga harga yanga lebih murah, US $ 199,95.
           Pada tanggal 24 Maret 1995, Iomega Zip drive diperdagangkan pertama kali dan mengubah program sejarah komputasi. Zip drive adalah sensasi dalam semalam. Pengguna komputer di seluruh dunia berteriak-teriak, toko ritel yang kewalahan, dan tiba-tiba Zip drive di mana-mana - di tempat kerja, di sekolah dan di rumah. permintaan itu begitu besar sehingga pada saat Iomega tidak bisa memproduksi cukup unit untuk mengikutinya. Zip drive menjadi salah satu penjualan tercepat, peripheral paling sukses dalam sejarah komputasi.
           Sebuah generasi kedua Zip drive 250MB dirilis pada bulan Desember 1998, dan bersama-sama dengan drive 100MB, membantu menghasilkan produk Zip line $ 1,2 miliar penjualan per tahun dari tahun 1997 sampai tahun 1999. Iomega ditindaklanjuti dengan Zip drive 750 pada Agustus 2002, dan sepanjang jalan ditambahkan Zip drive untuk setiap antarmuka dan konfigurasi komputer populer, termasuk serangkaian penuh drive eksternal maupun internal drive desktop dan laptop yang dibangun ke dalam sistem baru. Sejak peluncuran dari drive Zip pada tahun 1995, Iomega telah terjual lebih dari 55 juta Zip Drive dan 350.000.000 Zip disk untuk konsumen dan pengguna bisnis di seluruh dunia.
2. Karakteristik Media
Zip drive meruapakan teknologi terbaru yang dikembangkan untuk mengataasi kapasitas floppy disk. Zip drive terdiri dari atas floppy drive dan cartridge floppy khusus yang mampu menampung data hingga hampir 100MB. Teknologi ini sangat membantu karena ukuran data saat ini semakin besar dan seringkali tidak cukup jika disimpan dalam floppy disk atau harus disediakan banyak floppy disk.
                        Zip drive  ( disk Zip)  merupakan sistem penyimpanan dalam bentuk disk berukuran menengah, yang diperkenalkan oleh Iomega pada akhir 1994. Awalnya, disk Zip memiliki kapasitas 100 MB, tetapi kemudian ditingkatkan menjadi 250 MB dan kemudian menjadi 750 MB.
Zip drive (disk Zip) merupakan sistem penyimpanan dalam bentuk disk berukuran menengah, Zip disk menggunakan media yang lebih kecil (sekitar ukuran 9 cm (3 ½ ") microfloppy, bukan Compact Disk), dan desain yang lebih sederhana untuk menekan biaya keseluruhan. Sistem ini menghasilkan disk yang memiliki semua kenyamanan dari floppy 9 cm (3 ½ "), tapi dengan kapasitas perekaman data lebih banyak, dan kinerja yang jauh lebih cepat dibanding floppy drive standar (walaupun tidak secara langsung bersaing dengan hard drive). Zip drive yang asli memiliki kecepatan transfer data dari sekitar 1 megabyte / detik dan kecepatan pencarian rata-rata 28 milidetik, dibandingkan dengan floppy 1,44 MB standar yang memiliki 500 kbit / s (62,5 kB / s) kecepatan transfer dan beberapa ratus milidetik untuk rata-rata kecepatan pencarian. Saat ini rata-rata kecepatan pencarian hard drive 7200 RPM sekitar 8.5-9 ms.

                                                          
Gb. Zip drive                                                                                       Gb. Zip Disk
3.  Teknologi
Zip sistem yang dikembangkan dari sistem Bernoulli Box buatan Iomega; di kedua sistem, satu set alat pembaca / penulis yang terpasang pada linear aktuator melayang di atas sebuah floppy disk yang berputar cepat dan terpasang pada poros yang kokoh. Linear aktuator tersebut menggunakan teknologi voice coil actuation, seperti pada hard drive modern. The Zip disk uses smaller media (about the size of a 9 cm (3½") microfloppy, rather than the Compact Disc -sized Bernoulli media), and a simplified drive design that reduced its overall cost. Zip disk menggunakan media yang lebih kecil (sekitar ukuran 9 cm (3 ½ ") microfloppy, bukan Compact Disk seperti sistem Bernoulli), dan desain yang lebih sederhana untuk menekan biaya keseluruhan.
Zip drive tersedia dalam beberapa antarmuka (interface) termasuk
  • USB 1.1
  • USB 2.0
  • IEEE 1284 (Parallel Port) dengan koneksi Printer. (See NB 1)
  • IEEE 1394 Firewire
  • SCSI (external dan versi Plus terbatas untuk ID 5 and 6) (See NB 2)
  • ATAPI (USB Zip 250 mempunyai koneksi ATAPI eksternal yang jarang digunakan.)
  • IDE True ATA (ATA internal model awal, kebanyakan dijual untuk OEM.)
Paralel port Zip drive eksternal sebenarnya adalah drive SCSI yang terpadu dengan paralel-ke-SCSI controller, artinya pelaksanaan SCSI bus secara benar tetapi tanpa penyangga sirkuit listrik yang diperlukan untuk menghubungkan perangkat eksternal lainnya. Zip 100 drive model awal menggunakan AIC 7110 SCSI controller dan kemudian paralel drive (Zip Plus dan Zip 250) yang dikenal sebagai Iomega Matchmaker.
Awalnya eksternal SCSI berbasis Zip drive sering dikemas termasuk adapter SCSI yang dikenal sebagai Zip Zoom. Zip Zoom tersebut sebenarnya adalah ISA Adaptec SCSI host controller. Selain itu, awalnya ada juga PCMCIA-ke-SCSI adapter untuk kompatibilitas laptop yang dijual secara terpisah, juga juga aslinya dari Adaptec.
Ketersediaan Antarmuka:
Nama
Antarmuka
Zip 100
Ya
Ya
Ya
Ya
Tidak
Zip 250
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Zip 750
Ya
Tidak
Tidak
Ya
Ya
Catatan 1: Juga dikenal sebagai IEEE 1284, Parallel Port
Catatan 2: Juga dikenal sebagai IEEE 1394 interface

VERSI ZIP DRIVE, di bagi menjadi 2:
• Eksternal drive :
– Parallel port
– SCSI
SCSI – Small Computer System Interface
Istilah SCSI, (baca “skasi”), mengacu pada sebuah antar muka yang menawarkan kapasitas lebih besar dengan kecepatan pemindahan data yang lebih tinggi. Ketika awal diciptakan, teknologi ini mampu mengirimkan data pada kecepatan 20 megabyte per detik. Setelah mengalami perkembangan yang cukup pesat, kecepatan tersebut dapat ditingkatkan hingga menjadi 100 megabyte per detik. SCSI dikenal sebagai interface yang “pintar” dan mampu menghubungkan delapan peralatan ke komputer yang berbeda. Peralatan tersebut seperti harddisk, printer atau CD Drive. Dengan kemampuan itulah, SCSI banyak digunakan untuk nerwork server yang mendukung suatu sistem jaringan.
– Plus
• Internal drive :
– SCSI
– IDE
IDE - Integrated Drive Electronics
Pada teknologi ini, logika controller diintegrasikan dengan harddisk. Sistem ini banyak digunakan karena disk dihubungkan ke sistem dengan slot ekspansi yang konvensional dengan biaya yang cukup murah. Dengan teknologi ini pula memungkinkan adanya metode perekaman khusus dengan laju perpindahan tinggi.
– Atapi
Pada zip drive di temukan keunggulan dan kekurangan:
KEUNGGULAN ZIP DRIVE
• Sistem hot plug
• Fasilitas upgrade lomegaWare
• Sinkronisasi setiap saat
• Dukung USB2.0
KEKURANGAN ZIP DRIVE
• Masih perlu adaptor
• Hanya dukung proses baca pada hot-plug
4.    PROSES BACA TULIS ZIP DRIVE
            Iomega Zip adalah sebuah disk komputer yang hanya dapat dibaca oleh drive Iomega Zip. Disk ini disk memory yang besar, yang biasanya mengandung setidaknya 100MB ruang memori. Drive biasanya eksternal dan terhubung melalui port printer, atau kadang-kadang drive USB. Khusus drive ini telah dihapus sejak pembuatan flash drive dan lainnya unit memori portabel.
Selain mampu membaca disk 750MB, drive Iomega mampu membaca disk 100MB dan 250MB. Iomega menghadirkan pula produk ini dalam model internal ATAPI dan eksternal berkoneksi FireWire (IEEE1 394).
Kemampuannya mampu melakukan proses 50X/50X/50X (baca/tulis/tulis ulang) dengan standarisasi kecepatan yang mirip dengan CD-ROM di mana 1 X = 150KB/detik. Untuk disk Zip ukuran 250MB dan 750MB proses baca, tulis, dan format berlangsung sangat baik, tetapi tidak untuk disk Zip ukuran 100MB. Pada Zip 100MB hanya proses pembacaan yang dapat dilakukan, proses lainnya tidak bisa dilakukan. Pada pengujian yang dilakukan dengan disk 250Mb, pemindahan data 200MB dilakukan kurang dari 4 menit. Kinerja optimal hanya cocok bila memakai disk 750MB. Jika koneksi drive menggunakan port USB 1.1, kecepatan transfer datanya hanya mencapai 1MB/detik.
Sinkronisasi Otomatis dan Mandiri
Instalasi Iomega Zip Drive 750MB kami lakukan pada sistem AMD Athlon XP 1500+ dan motherboard Gigabyte GA-7VAXP yang sudah mendukung USB 2.0.
CD driver yang disertakan menyediakan aplikasi backup ( Iomega Automatic Backup)  dan sinkronisasi ( Iomega Sync )  yang sangat berguna bagi pengguna. Sebelumnya diperlukan instalasi IomegaWare untuk mendukung operasi dan manajemen dari drive ini seperti copy, format, proteksi, dan lainnya. Bagusnya, tool ini menyediakan update langsung via Internet.
Pada aplikasi Iomega Automatic Backup Anda dapat membackup file-file penting secara otomatis dengan pengaturan jadwal tertentu. Aplikasi Iomega Sync secara otomatis akan melakukan update atau sinkronisasi data dari harddisk Anda ke disket Zip. Bila ada data baru, sistem langsung bereaksi membuat cadangan ke Zip. Hal ini bisa pula dilakukan pada beberapa komputer sekaligus.
Proses backup ini berlaku pula untuk harddisk dan server NAS. Sistem restorenya ( pengembalian data )  cukup dengan cara "drag and drop".
5. EROR DETECTION DAN REPAIRING ZIP DRIVE
Bila Anda menggunakan motherboard Intel dengan AMI / Intel BIOS atau IDE Iomega Zip drive yang terpasang pada saluran IDE sekunder, Anda mungkin menerima pesan "Fatal Exception Error" pesan kesalahan saat Anda memulai komputer tanpa disk di drive Zip atau Anda mengeluarkan disk dari drive Zip.
            Masalah ini dapat terjadi jika kondisi berikut:
    * Komputer memiliki removable drive IDE yang menggunakan Media Status Pemberitahuan (dengan Iomega Zip drive IDE adalah salah satu drive tersebut).
    * BIOS yang komputer unmasks yang PIC untuk IRQ pada kontroler yang terletak drive.
* Drive diakses tanpa disk dalam drive.
* Menyentuh BIOS Status Alt register ketika interrupt adalah vektor untuk itu.
Cara memperbaikinya adalah:
            Dengan mendownload support program yang dikeluarkan oleh microsoft.
Didukung sebuah software memperbaiki,sekarang tersedia dari Microsoft, tetapi hanya dimaksudkan untuk memperbaiki masalah yang dijelaskan dalam artikel ini. Berlaku hanya untuk komputer yang mengalami masalah khusus ini.
6. SISTEM SECURITY
Zip Drive yang dapat dilindungi password untuk membatasi akses membaca dan menulis dari disk Zip. Password ini disimpan pada disk, dan digunakan oleh Zip drive untuk memberikan akses hanya untuk "resmi" pengguna yang tahu password ini.       
ZIP  Drive mendukung sistem keamanan, namun biasanya hanya dapat digunakan pada kabel data bertipe IDE ATA.









Referensi:
·         http://www.ehow.com/how_5246230_read-iomega-zip.html

2 komentar:

  1. Artikel ini sangat membantu saya.Karena saya sedang ada tugas mengenai sejarah Zip Disk.Saya mau tanya,bagaimana cara kerja zip disk dan saya mau tahu referensinya juga.terima kasih.

    BalasHapus
  2. ijin copy buat referensi tugas ya kakak,
    thank you :)

    BalasHapus

Silahkan berikan komentar anda....